Manajemen Proyek [I]

  1. Berikan contoh kegagalan seperti apa yang terjadi pada setiap proses manajemen proyek (tahap inisiasi, perencanaan, eksekusi, pengendalian dan akhir proyek).

à

1. Tahap Inisiasi

Ini merupakan langkah awal, dimana kita sebagai pengembang TI harus bisa mendiskripsikan kebutuhan TI dari client kita sesuai dengan apa yang dibutuhkan dilapangan. Ini penting sehingga nantinya TI yang dibuat bisa betul-betul bermanfaat untuk client. Jangan sampai terjadi (dan ini sudah banyak terjadi) client tidak bisa memanfaatkan TI yang diimplementasikan di tempatnya, hal ini terjadi karena client tidak mengerti manfaat apa yang bisa diambil dari implementasi TI tadi, misalnya pembuatan2 website untuk kantor pemerintahan.

2. Perencanaan

Pada tahap ini hendaknya kita bisa mendeskripsikan mengenai proyek yang akan kita kerjakan mulai dari tujuan proyek, Detail kegiatan yang rinci, waktu pengerjaan kegiatan. Banyak tools yang bisa dipergunakan untuk membantu membuat dokumentasi ini. Di sini saya menggunakan egroupware, software ini bersifat freeware. Proses perencanaan ini akan menjadi panduan pengerjaan proyek di lapanga, diharapkan dengan adanya panduan ini kegagaran proyek karena adanya hambatan dapat di minimalisasi.

3. Tahap Pelaksanaan.

Laksanankan proyek sesuai dengan jadwal. Dilapangan tentunya akan sangat mungkin timbul hambatan, karena implementasi setidaknya akan mengubah proses bisnis dan kebiasaan SDM dalam pengoperasian sistem ditempat client. Sangat mungkin penterjemahan proses bisnis oleh pimpinan proyek tidak sesuai dengan kebutuhan atau yang dinginkan user, dan ini harus dilaporkan pada pemilik proyek, karena ini bisa menjadi faktor keterlambatan penyelesaian proyek. Dibutukan kemonikasi antara pimpinan proyek dan pemilik proyek sehingga nantinya Sistem yang dihasilkan benar-benar valid dalam arti pas sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan user, sehingga akan betul-betul bermanfaat untuk user.

4. Tahap Pengontrolan

Pada tahap ini dilakukan pengawasan terhadap kegiatan proyek apakah sesuai dengan perencanaan atau tidak. Kalau ada kecendrungan proyek itu akan selesai tidak pada waktunya maka harus sesegera mungkin diambil tindakan2 solusi untuk mengatasinya

5. Tahap Pentutupan

Ini merupakan tahap terakhir dari pengerjaan sebuah proyek. Dokumentasi sangat penting. Buatlah laporan proyek secara lengkap dan jelas. Untuk sebagian pengembang setelah tahap ini selesai maka selesai pula hubungan kerja, padahal pada tahap ini bisa menjadi awal pembicaraan untuk langkah pengembangan kedepannya akan seperti apa, bisa jadi akan terjadi adanya kesepakatan baru.

2. Berikan beberapa contoh proyek yang gagal dan proyek yang berhasil yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia saat ini.

à

Kegagalan Proyek Pemerintah pada Monorel Jakarta.

kegagalan PT Jakarta Monorail (PTJM) sebagai pihak pembangun dan pemegang konsesi pengelolaan selama 30 tahun Monorel Jakarta tidak dapat meneruskan pembangunan infrastruktur proyek Monorel Jakarta karena kekurangan dana. Dua jalur Monorel yang akhirnya ditetapkan untuk dibangun itu adalah Jalur Hijau dengan rute Kuningan Senayan dan Jalur Biru dengan rute Kampung Melayu Roxy.  Tahun 2005 lalu banyak yang mengatakan bahwa Monorel adalah sekedar proyek saja bukan solusi. Sekarang barulah diakui oleh banyak pihak bahwa dua jalur itu bukanlah jalur yang menguntungkan. Apabila diteruskan proyek Monorel akan merugi karena dua jalur itu bukan rute yang banyak penumpangnya. Tidak menguntungkanya proyek inilah menjadi salah satu penyebab tidak adanya investor yang mau terlibat menanamkan modalnya. Dan di tengah-tengah kekacauan proyek Monorel, mulai tahun ini DKI Jakarta hendak membangun enam ruas jalan tol dalam kota. Pembangunan jalan yang akan menghabiskan dana Rp. 23 triliun itu akan melewati lokasi Kemayoran-Kampung Melayu, Rawa Buaya-Sunter, Kampung Melayu – Tanah Abang, Sunter-Pulogebang, Pasar Minggu-Casablanca, Ulujami-Tanah Abang.

Dibangunnya enam ruas jalan tol dalam kota ini jelas telah menghantam dan menabrak rencana mendukung pola trnasportasi umum dengan menekan penggunaan kendaraan pribadi ,Keberadaan enam ruas jalan tol dalam kota tersebut jelas nantinya menambah rugi dan tidak ada gunanya membangun Monorel karena mobil pribadi masih diberi ruang.

Keberhasilan Proyek Pemerintah pada jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu dimulai pembangunannya pada tanggal 20 Agustus 2003, secara resmi dicanangkan pembangunannya oleh MEGAWATI SOEKARNOPUTRI Presiden RI saat itu.

Jembatan ini akan menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura melalui jalan darat, diharapkan ketimpangan sosial dapat segera direduksi. Arus transportasi yang cepat dan efektif akan membuat perkembangan Madura segera melejit, bersaing dengan daerah-daerah lain.

Konstruksinya terdiri dari 3 bagian yaitu causeway, approach bridge dan main bridge. Dari total panjang jembatan sejauh 5.438 m terdiri dari causeway sisi Surabaya 1.458 m, causeway sisi Madura 1.818 m. Bentang tengah panjang keseluruhan mencapai 2.162 m terdiri dari dua approach bridge masing-masing 672 m dan main bridge sepanjang 818 m. Panjang jalan pendekat di sisi Surabaya mencapai 4,35 km dan di sisi Madura 11,50 km.

Pengubung pulau yang memakan biaya hingga Rp4,5 triliun ini menyediakan akses khusus sepeda motor. Letaknya di sisi kanan dan kiri jembatan dengan lebar masing-masing 3,05 meter. Total lebar jembatan mencapai 30 meter (2 x 15 meter). Di tiap jalur (arah Surabaya maupun arah Madura) akan ada jalur lambat masing-masing berukuran 2,2 meter. Kemudian, di tiap jalur akan ada dua jalur cepat yang masing-masing selebar 3,5 meter.

Selain konsorsium nasional, yang juga memiliki peranan penting dalam pembangunan jembatan Suramadu adalah perusahaan konstruksi dari Republik Rakyat China yang membangun bentang tengahnya. Perusahaan konstruksi RRC ini sampai harus menyediakan steel box girder yang besarnya bukan main. Steel box girder ini dibuat di RRC. Pengirimannya memakan waktu cukup lama dalam 4 kali pengiriman selama 30 hari. Itu pun masih harus dirakit lagi di Gresik. Dan hal hasil  Proyek Pembangunan Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura akhirnya dapat diselesaikan dengan baik.

3. Carilah sebuah website. Berikan komentar anda tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh website tersebut.

à

Kelebihan dan kekurangan pada website e-bay.

Seorang seller/buyer cukup mengisi form yang telah disediakan. Tapi, tentu saja sebelum si seller bisa mengisi form tersebut, dia diwajibkan untuk menjadi anggota eBay wajib mendaftar di eBay dulu. Setelah mendapatkan account eBay, barulah dia bisa menjadi seorang seller, ataupun buyer.

Dengan memajang atau menjual barang di eBay, berarti kita akan mendapatkan kesempatan untuk menjangkau ke lebih dari 100 juta anggota eBay, dari seluruh dunia. Itulah salah satu kelebihan yang kita dapat saat menjual di eBay. Dan dengan sedikit keberuntungan, banyak pengalaman, serta ditunjang keahlian, bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda di eBay.

Untuk menjadi seorang buyer dan melakukan bidding di eBay, semuanya tidak dikenakan biaya. Tidak ada fee yang harus dibayar. Cukup dengan mendaftar dan menjadi anggota eBay (yang juga gratis). Seorang anggota eBay, bebas mencari barang, dan melakukan bidding sebanyak yang dia mau. Anggota juga bebas menawar atau melakukan bidding, setinggi yang dia mampu. Tapi ada yang perlu diingat, saat dia melakukan bidding, berarti anggota berkewajiban untuk membayar barang yang di bidding-nya itu, jika ternyata dialah yang menjadi pemenang. Dengan melakukan bidding, itu sama artinya anggota sedang menandatangani sebuah kontrak. Jadi, anggota tersebut berkewajiban untuk memenuhi kontrak tersebut. Biaya

Kelemahan pada e-bay yaitu pengiriman yang lebih besar dari harga barangnya sendiri dan masih banyak user yang belum percaya pada keamanan transaksi perdagangan. Selain itu Kemungkinan adanya  pihak-pihak yang memanfaatkan eBay untuk melakukan penipuan.

This entry was posted in Manajemen Proyek. Bookmark the permalink.

One Response to Manajemen Proyek [I]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *