Manajemen Proyek [II]

  1. 1. Jelaskan bagaimana budaya organisasi dapat mempengaruhi keberhasilan proyek! Berikan contohnya.

Budaya organisasi merupakan sebuah ide dalam bidang studi organisasi dan manajemen yang menggambarkan psikologi, sikap, pengalaman, keyakinan dan nilai-nilai (dan nilai-nilai budaya pribadi) dari sebuah organisasi. keberhasilan proyek dalam organisasi karena terciptanya budaya organisasi yang baik dan saling bersinergi, sehingga dari tingkat organisasi paling tinggi akan melakukan kordinasi yang baik dengan level organisasi paling rendah, guna mencapai keberhasilan proyek itu sendiri.

  1. 2. Jelaskan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing bentuk struktur organisasi.

Bentuk Sentralisasi

Sentralisasi Adalah sejauh mana otoritas pengambilan putusan terkonsentrasi pada tingkat yang lebih tinggi dalam sebuah organisasi. Dalam perusahaan terpusat, keputusan penting yang dibuat pada tingkat yang lebih tinggi dari hirarki.

Kelemahan :

sentralisasi operasi bisa juga menyebabkan inefisiensi dalam pengambilan keputusan.

Kelebihan :

Beberapa karyawan lebih nyaman dalam sebuah organisasi dimana manajer mereka percaya diri memberi petunjuk dan membuat keputusan. Sentralisasi juga dapat menyebabkan operasional yang lebih efisien, terutama jika perusahaan yang beroperasi di lingkungan yang stabil.

Bentuk Formalisasi

Formalisasi adalah sejauh mana sebuah kebijakan organisasi, prosedur, deskripsi kerja, dan aturan-aturan tersebut ditulis dan diartikulasikan secara eksplisit. struktur formal adalah mereka di mana ada banyak aturan tertulis dan peraturan.

Kelebihan :

sehingga karyawan memiliki otonomi sedikit untuk memutuskan berdasarkan kasus per kasus.

membuat perilaku karyawan yang lebih diprediksi.

Karyawan mampu menangani setiap masalah dengan mengacu pada buku panduan proseudur yang ada.

Kelemahan :

Inovasi dalam bekerja menjadi berkurang.

Pengambilan keputusan strategis terjadi ketika hanya ada krisis saja.

Kurangnya motivasi dan kepuasan kerja.

Lambatnya dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

Bentuk Tingkat Hirarki.

Elemen penting lainnya struktur perusahaan adalah jumlah tingkat itu dalam hierarki perusahaan.

Kelebihan :

Menjaga ukuran organisasi konstan,

Memiliki beberapa lapisan manajemen antara karyawan garis depan dan tingkat atas.

Manajer dapat lebih memantau kinerja karyawannya.

karyawan merasa  keamanan kerja yang lebih besar.

Kelemahan :

Manajer tidak yakin dari apa yang diharapkan dari seorang pekerja di tempat kerja.

peluang kemajuan akan lebih terbatas karena ada lapisan manajemen yang lebih sedikit.

Bentuk Departmentalization.

Organisasi yang menggunakan struktur fungsional Pekerjaan kelompok berdasarkan kesamaan dalam fungsi. struktur tersebut dapat memiliki departemen seperti pemasaran, manufaktur, keuangan, akuntansi, sumber daya manusia, dan teknologi informasi.

Kelebihan:

struktur Fungsional cenderung efektif bila suatu organisasi tidak memiliki banyak produk dan jasa yang memerlukan perhatian khusus.

struktur fungsional lebih efektif dalam lingkungan yang stabil yang lebih lambat untuk berubah.

organisasi yang menggunakan divisi produk lebih lincah dan dapat melakukan lebih baik di lingkungan yang bergejolak.

dapat meningkatkan inovasi dan mengurangi waktu respon.

Setiap divisi mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing.

Kelemahan :

Setiap divisi akan dituntut untuk mempunyai target yang tinggi,

Produk yang dihasilkan bisa menjadi kurang berkualitas.

  1. 3. Berikan contoh bagaimana kemampuan dalam memimpin, komunikasi, negosiasi, pemecahan masalah, mempengaruhi organisasi dan memotivasi orang diperlukan dalam manajemen proyek.

Kemampuan dalam memimpin.

Dalam suatu organisasi seseorang/individu harus mempunyai jiwa kepemimpinan  yang baik yang berasal dari dirinya sendiri terlebih dahulu. Sehingga Jiwa kepemimpinannya akan terbawa ke dalam suatu team di dalam organisasi tersebut. Dimana dengan jiwa kepemimpinan yang dimiliki akan membawa organisasi tersebut kearah yang lebih baik.

Kemampun dalam komunikasi.

Komunikasi yang baik itu penting di dalam suatu organisasi, dalam penyampaian informasi baik itu dilingkungan internal maupun eksternal organisasi dengan kata lain partner kerja. Kemempuan komunikasi sangat diperlukan, baik dari level top manajemen hingga ke level yang paling bawah di organisasi bisa berdampak pada kinerja organisasi tersebut.

Kemampuan dalam Pemecahan masalah

Setiap organisai tentu tidak luput dari setiap masalah, oleh karena itu manajemen harus jeli dalam melihat perkembangan yang terjadi didalam organisasi. pemecahan masalah yang cepat dan pengambil kuputusan bijak  sangat mempengarui berjalannya operational pada organisasi itu. Sehingga operational sehari-hari bisa berjalan normal kembali.

Kemampuan dalam negoisasi.

Salah satu keberhasilan organisasi dalam mengerjakan suatu proyek ialah tidak terlepas dari proses negoisasi dari berbagai pihak. Baik dari pihak rekanan / partner maupun kepada anggota organisasi itu sendiri. Yang mana dari hasil negoisasi tersebut bisa dilakukan kesepakatan dalam melakukan kerjasama guna membangun keberhasilan dari proyek itu sendiri.

Kemampuan dalam mempengaruhi organisasi dan memotivasi orang.

Orang yang bisa mempengaruhi suatu organisasi dan memotivasi orang lain biasanya memiliki integritas yang tinggi, karenan orang yang memiliki integritas yang tinggi mempunyai perkembangan yang seimbang dan sinergis atas semua dimensi manusia secara berkelanjutan. Sehingga peranannya di dalam organisasi kerap kali menjadi acuan atau pedoman untuk menjadi lebih baik oleh rekan kerjanya.

This entry was posted in Manajemen Proyek. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *