Information Technology Valuation [I]

  1. 1. Jelaskan yang dimaksud dengan IT-Value ?

berasal dari investasi sumber daya IT dan menggunakannya untuk mendapatkan manfaat terukur, atau dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar value suatu grup aplikasi IT, yang biasanya dikelola oleh satu unit kerja organisasi seperti IT Department, IS  Department, EDP Department dll.yang dapat digunakan manajemen dalam menilai kinerja UnitIT, dengan tujuan untuk melakukan tindakan-tindakan korektif ataupun improvement terhadap kinerja dalam pencapaian target-target yang telah ditetapkan.

  1. 2. Bagaimana mengukur Value atau benefit dari IT ?

Dasar pengukuran nilai IT, melibatkan dua besaran yaitu sebarapa besar investasi IT dan sebarapa besar manfaat yang didapatkan dari investasi tersebut. Berapa besar investasi relative mudah dihitung, dari individual Project-Accounting, sementara untuk biaya operasional dari tracking Accounting system yang ada, jika diperlukan untuk dihitung. Sisi yang sulit diukur adalah manfaat-manfaat dari penerapan IT tersebut, karena ada manfaat langsung dan ada pula manfaat tidak langsung yang intangible.

Ada dua macam evaluasi/pengukuran terhadap suatu sistem yaitu : pengukuran sistem dari sudut pandang pengguna dan pengukuran sistem dari kinerja teknis, termasuk dampak keberadaan sistem.

  1. 3. Jelaskan hiraki dan peran atau roles dari IT bagi perusahaan, secara umum ?


  1. Untuk melakukan perubahan strategi dan memperbaiki kinerja pada produk-produk dan layanan.
  2. Mendukung organisasi untuk pencapaian standar yang tinggi dalam layanan pada pelanggan, percepatan waktu design dan pengembangan produk, masuk ke pasar yang lebih cepat
  1. Pencapaian saluran distribusi baru.
  2. Strategis; peran IT untuk mendukung strategi bisnis, pencapaian sasaran-sasaran bisnis dan pengendalian bisnis
  3. Integrasi proses bisnis; yaitu peran untuk menghubungkan, mensinergikan proses-proses untuk pencapaian sasaran-sasaran bisnis
  4. Efektivitas dan efisiensi proses bisnis; peran IT untuk mendukung reka ulang proses bisnis atau BPR
  5. Efectivitas manajemen; peran dalam mendukung proses pengambilan keputusan manajemen, menjadi lebih efektif dan efisien
  6. Efektivitas dan efisiensi operasional; peran untuk mendukung operasional bisnis dalam pencapaian produktivitas yang tinggi dan efisiensi kegiatan operasional.
  1. 4. Berika contoh elemen-elemen biaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan sebuah sistem informasi (aplikasi SI), seperti sistem-penggajian, e_Procurement dll ?

1. Biaya aplikasi sistem informasi. Jika menyerahkan ke pihak ketiga lebih mudah menentukan nilainya berdasarkan desain sistem yang diajukan. Tapi jika membuat sistem sendiri agak sedikit rumit.
2. Biaya instalasi jaringan komunikasi
3. Biaya training, dihitung per-jam atau per-hari. Biaya training ditujukan untuk mereka yang akan menggunakan aplikasi tersebut seperti administrator, frontliner, bag. keuangan, bag.umum. dsb.

4. Biaya Proyek.. Umumnya berupa biaya honor konsultan dan administrasi proses implementasi. Seperti biaya analis, programmer, web designer, akomodasi, pengumpulan data, dokumentasi, rapat, dsb.

5. Biaya Operasi dan Perawatan. Contoh biaya operasi diantaranya perawatan hardware (ada biaya penyusutan juga), perawatan software, gaji personil, biaya overhead (listrik, telepon), dsb.

  1. 5. Banyak metoda pengukuran yang dilakukan perusahaan selama ini, dan metoda apa yang paling banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan saat ini ? Jelaskan prosedure pengukurannya ?

Metode Pengukukran Framework COBIT

COBIT (Control Objective For Information and Related Technology) framework merupakan seperangkat praktek terbaik (framework) untuk teknologi informasi (TI) manajemen. Metode COBIT Framework diharapkan perusahaan dapat memanfaatkan IT yang optimal dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. COBIT juga mendukung kebutuhan manajemen dalam menentukan dan monitoring tingkatan yang sesuai dengan keamanan dan kendali suatu organisasi.

Metode Pengukuran BtripleE

Metode BtripleE dikembangkan oleh Han Van Der Zee dari Tilburg University Netherlands, model pengukuran pada BtripleE ini relatif baru dan komprehensif yang mengukur Value dari IT dari 3 ukuran :

  • Business value of IT
  • Effectiveness of IT, dan
  • Effectiveness and Efficiency of IT Supply

Metode Information Economics

Merupakan suatu metode yang digunakan untuk menganalisis biaya dan manfaat suatu investasi IT. Keunggulan metode IE adalah terletak pada kemampuannya dalam memperhitungkan manfaat yang setengah berwujud maupun tidak berwujud yang sering diabaikan oleh pihak manajemen

  1. 6. secara umum apa kekurangan dari metoda-metoda pengukran IT Value yang ada ?

-Ketidak cukupan manajemen IT dan nilai IT

-Kekurang madainya ukuran-ukuran untuk menjelaskan value dari IT

-Kelangkaan kerangka kerja untuk mengukur value dari IT

  1. 7. Apa tujuan utama dari IT valuation atau measurement ?

Tujuannya sebagai tolak ukur bagi IT Departement mengenai berbagai manfaat dari setiap kekurangan dan kelebihan sistem informasi sebelum memutuskan untuk mengimplementasikan sistem, karena perusahaan membutuhkan penyelesaian dari setiap permasalahaan yang ada. Dan juga untuk melakukan tindakan-tindakan korektif ataupun improvement terhadap kinerja dalam pencapaian target-target yang telah ditetapkan sehingga pada tahap implementasi sistemnya  akan mendapatkan hasil yang baik.

8. Mengapa kita mempelajari IT Valuation? Jelaskan ?

  1. Untuk menghindari atau meminimalisir tingkat kesalahan dalam tahap  analisa sistem informasi yang tidak sesuai.
  2. Untuk dapat memlilih cara yang terbaik untuk mengukur efektifitas dan efesiensi TI.
  3. Untuk dapat menjelaskan dalam pengelolaan biaya serta manfaat yang didapat dari TI.
  4. Untuk meneliti hubungan antara IT dan produktivitas dengan fundamental ukuran-ukuran ekonomi.
  5. Untuk  membuat perencanaan atau penyusunan suatu program penilaian TI.
  6. Untuk mempermudah dalam melaksanakan program TI yang akan dibuat.
  7. Untuk mengetahui Peningkatan pendapatan atau revenue increase, perhitungannya sangat kompleks dan melibatkan pengorgaisasian, struktur usaha, antar-muka kepemasok dan pelanggan, pasar.
This entry was posted in Information Technology Valuation. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *