Perancangan Strategi System Informasi [VI]

  1. 1. Apa sajakah peranan diagram dalam PSSI

Diagram dipakai untuk menggambarkan kejadian penting (facet) sebuah rancangan yang rumit sehingga sedapat mungkin menjadi mudah dipahami. Diagram bermanfaat untuk sarana utama untuk berkomunikasi antara para analis, perancang dan perencana; selain itu diagram juga berguna untuk menyederhanakangambaran seluruh fase kegiatan pengembangan sistem, agar lebih mudah dimengerti; selain itu diagram juga menyediakan sarana bagi pembuatan dokumentasi secara langsung.


  1. 2. Jelaskan diagram dekomposisi

Pada diagram ini pada umumnya tidak mementingkan urutan dari unit-unit yang digambarkan. Diagram ini adalah alat bantu utama pada teknik analisis dan perancangan terstruktur. Gunanya untuk lebih memudahkan pemahaman dari suatu organisasi ataupun proses. Diagram ini juga sangat membantu untuk menggambar teknik analisis dan perancangan terstruktur serta untuk mendapatkan gambaran dari proses-proses yang terdapat di dalam sistem yang merancang serta hubungannya dengan proses-proses lain dalam system.

Sebelum menyiapkan diagram dekomposisi, sebaiknya harus memisahkan sistem menjadi subsistem utama atau fungsi. Jelas bahwa buku pelajaran SISTEM PERSEDIAAN dapat dibagi ke dalam dan subsistem ORDER PENJUALAN. Di bawah subsistem PENJUALAN merupakan pengisian REQUEST BUKU dan mempersiapkan PENERIMAAN PENJUALAN. Di bawah subsistem ORDER terdapat  analisis Buku Teks DAFTAR MASTER untuk menentukan berapa banyak dari setiap buku untuk membeli, penyusunan ORDER PEMBELIAN dan memperbarui persediaan ketika sebuah SLIP PACKING dengan pesanan yang diterima.

  1. 3. Jelaskan diagram dependensi

Diagram yang menggambarkan urutan dari kegiatan yang satu menuju pada kegiatan berikutnya. Biasa digunakan untuk menganalisis proses-proses yang dibutuhkan pada suatu area bisnis.

Dan diagram dependensi adalah representasi visual dari grafik dependensi. Diagram dependensi juga merupakan bagian integral dari pengembangan perangkat lunak, menguraikan kompleks, hubungan timbal balik dari berbagai elemen fungsional. Biasanya dalam diagram ini, terdiri dari panah titik dari setiap modul modul lain yang berada pada diagram dan digunakan sebagai bantuan untuk normalisasi dalam desain database.

  1. 4. Jelaskan diagram aliran data

Diagram yang menggambarkan prosedur dan aliran data diantara prosedur-prosedur tersebut. Digunakan ini digunakan untuk memetakan prosedur yang membutuhkan untuk diotomatisasi.

Diagram aliran data adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan prosedur dan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut serta tempat penyimpanannya. Sebagai perangkat analisis,model ini hanya mampu memodelkan sistem dari satu sudut pandang yaitu sudut pandang fungsi. Diagram ini digunakan ini digunakan untuk memetakan prosedur yang membutuhkan untuk diotomatisasi.

  1. 5. Jelaskan diagram aksi

Teknik sederhana yang menggambarkan diagram dekomposisi tingkat tinggi, struktur program secara umum dan struktur kendali program yang cukup rinci. Kebanyakan teknik-teknik diagram lainnya tidak mampu menggambarkan semacam itu.

Diagram Aksi juga memberikan gambaran grafis dari elemen struktur dari perangkat lunak di samping untuk pseudo-kode seperti teks.  Dalam Mengembangkan Diagram Aksi Gunakan diagram konstruksi: urutan, pengulangan, kondisi, modul, dan menyimpan data, untuk mengembangkan sebuah Diagram Aksi yang merupakan struktur proses sebagai diidentifikasi.

  1. 6. Jelaskan diagram navigasi data

Diagram yang menunjukkan alur akses yang melalui struktur basis data yang mana mereka akan digunakan oleh proses atau prosedur. Dengan CASE diagram ini dapat dibuat secara otomatis.


This entry was posted in Perancangan Strategi System Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *