Konsep E-Business [Tugas Personal 2]

1. Jelaskan logika penggunaan mekanisme lelang untuk sebuah IPO
Secara umum ada 4 tahapan dalam melakukan lelang untuk sebuah IPO di antaranya adalah :
Tahap Persiapan
Tahapan ini merupakan tahapan awal dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses go public. Pada tahap persiapan ini yang paling utama yang harus dilakukan sebuah perusahaan yang akan go public adalah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham. Go public harus disetujui terlebih dulu oleh pemegang saham. Karena go public akan melibatkan modal baru di luar pemegang saham yang ada maka perlu diputuskan apakah kehadiran modal baru itu nantinya akan mengubah masing-masing kepemilikan para pemegang saham lama.

Tahap Pengajuan Pernyataan Pendaftaran
Dalam tahap ini, perusahaan bersama underwriter membawa dokumen yang terangkum dalam prospektus ringkas perusahaan ke Badan yang Berwenang. Prospektus ringkas merupakan keterangan ringkas mengenai perusahaan dalam minimal dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Untuk itu prospektus harus secara ringkas dan padat memuat berbagai informasi terkait dengan perusahaan, mulai dari company profile, kinerja operasional perusahaan seperti, neraca rugi laba, proyeksi kinerja perusahaan serta untuk kepentingan apa dana masyarakat itu dibutuhkan.

Tahap Penjualan Saham
Apabila perusahaan itu sudah dinyatakan efektif, berarti saham dari perusahaan itu sudah bisa dijual. Penjualan dilakukan melalui penawaran umum (initial public offering/IPO).
Penjualan saham dalam pasar perdana mekanismenya diatur oleh penjamin emisi. Penjamin emisi yang akan melakukan penjualan kepada investor dibantu oleh agen penjual. Agen penjual adalah perusahaan efek atau pihak lain yang ditunjuk sebelumnya dan tercantum dalam prospektus ringkas. Perusahaan yang akan tercatat di Pasar modal penjualan saham dalam IPO ini waktunya relatif terbatas, dua atau tiga hari saja. Tapi bagi perusahaan yang setelah menjual sahamnya tidak mencatatkan di Pasar Modal maka penjualan sahamnya bisa lebih lama lagi. Dan tentunya akan sangat tergantung dari prospektus yang diajukan pada pernyataan pendaftaran.

2. Mengapa Buffett begitu berhasil dengan pelelangan?

Keberhasilan Buffet dalam pelelangan karena seluruh hasil lelang yang didapatkan tidak semata-mata dinikmati sendiri oleh Warren Buffet, akan tetapi dana tersebut di gunakan untuk amal dalam membantu masyarakat miskin. Dan sebagian besar hasil lelang di donasikan untuk korban bencana alam. Selain itu, buffet juga mau berbagi cerita dan pengalaman tentang filosofi dalam berinvestasi. Peran Teknologi Informasi juga tidak luput dari keberhasilan warren Buffet dalam pelelangan, karena dengan Teknologi Informasi yang digunakan dapat mempermudah para penawar lelang menjadi lebih mudah dalam mengetahui informasi tentang barang maupun harga yang akan dilelang serta jangka waktu dalam pelelangan. Dan para penawar lelang akan berusaha untuk memenangkan lelang tersebut dan bersedia membayar berapa pun biayanya agar dapat memberikan apresiasi kepada Buffett atas tuntunan investasinya.

3. Anda bisa meletakkan barang untuk di jual di eBay tanpa assitant penjualan dan menghemat komisi. Mengapa orang menggunakan jasa Richard Dan?

Menurut saya banyak orang menggunakan jasa Richard Dan karena Richard Dan sangat membantu sekali dalam mengarahkan orang yang menggunakan jasanya dalam memasarkan produknya. Sehingga produk yang akan di jual tepat pada sasaran. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pengguna jasa Richard Dan juga tidak terlalu membebani. Karena Richard Dan hanya mengenakan biaya sebesar $25 per barang dan ditambah 25% komisi. Seiring kemajuan teknologi informasi yang digunakan oleh Ricdhard Dan dengan mengoperasiakan eBay, maka peluang bisnis secara online akan tetap berjalan.

This entry was posted in KONSEP E-BUSINESS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *