Perancangan Strategi System Informasi [IV]

  1. Jelaskan cara menaksir dan memahami situasi lingkungan saat ini


cara menaksir dan memahami lingkungan bisnis organisasi saat ini (existing system), merupakan awal dalam upaya memahami berbagai hal yang mempengaruhi bisnis baik internal maupun eksternal. Pertama dilakukan analisis dengan memahami situasi bisnis saat ini, selanjutnya perlunya rekayasa proses bisnis (business process reengineering) bagi perusahaan, dilanjutkan dengan melakukan interpretasi strategi bisnis dan diakhiri dengan merumuskan ruang lingkup dari pengembangan strategi IS bisnis dan rencana implementasinya.

Memahami lingkungan saat ini dalam hal melakukan analisis terhadap keadaan saat ini untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap strategi bisnis, lingkungan bisnis dan lingkungan teknologi yang terdapat di dalam organisasi. Dan Terdapat dua tugas utama yaitu menentukan persyaratan IS/IT (disebut juga permintaan atas IS) dan pengumpulan data yang relevan untuk menyusun strategi.

(referensi : LN_Chapter 4)


  1. 2Apa yang dimaksud dengan rekayasa bisnis


Rekayasa Proses Bisnis adalah suatu pendekatan yang lebih bersifat komprehensif yang secara urgent dibutuhkan untuk menangani tantangan-tantangan situasi baru. Dan apa yang menjadi persoalan pada setiap kasus adalah bahwa teknologi-teknologi baru mampu mengubah bukan hanya proses bisnis, akan tetapi juga cara barang atau jasa diciptakan dan dipasarkan, struktur dan tujuan perusahaan, dinamika persaingan, dan perilaku aktual perusahaan.

BPR mempengaruhi operasi TI perusahaan dalam dua hal. Pertama, TI dapat menerapkan BPR untuk mendesain ulang sistem-sistem informasi yang hidupnya tidak dapat dipertahankan lagi dengan pemeliharaan biasa. Sistem-sistem ini disebut sistem warisan (legaly system) karena mereka terlalu berharga untuk dihapuskan namun menghisap sumber-sumber daya yang dimiliki oleh IS. Kedua, ketika sebuah perusahaan menerapkan BPR pada operasi-operasi utamanya, usaha ini akan selalu memberikan efek gelombang yang menyebabkan perancangan ulang sistem informasi.

(Referensi :  LN_Chapter 4, http://journal.uii.ac.id/index.php/JSB/article/view/1030/962 , http://zonaekis.com/implementasi-strategi )

  1. 3. Jelaskan cara menginterpretasikan strategi bisnis


Caranya adalah dengan memahami  dua hal pokok yang berpengaruh pada bisnis yaitu lingkungan bisnis internal dan strategi bisnis itu sendiri serta memperhatikan lingkungan organisasi dan lingkungan eksternal.

Elemen-elemen lingkungan bisnis internal yang perlu diidentifikasi dan dianalisis diantaranya adalah :

– Strategi bisnis tidak hanya sasaran dari perusahaan tetapi lebih diartikan dengan bagaimana atau usaha-usaha yang dilakukan dalam pencapaian sasaran itu.

– Proses bisnis yang berjalan, berbagai aktifitas dan entitas utama (pelanggan, persediaan, account) dan bagaimana entitas-entitas ini saling berhubungan.

– Lingkungan organisasi dalam arti strukturnya, asset, skill juga factor tangible seperti knowledge, nilai-nilai, kompetensi, budaya, dan relationshipnya.

Beberapa persyaratan dalam melakukan analisis strategi bisnis,diantaranya adalah :

a. Lakukan identifikasi strategi saat ini, dan mencari atau menemukan bagian-bagian strategi yang perlu diperbarui selama proses pengembangannya.

b. Sangat penting, melakukan interpretasi dan analisa dan menggambarkan struktur dari polanya. Hal ini dapat dijalankan bersama antara orang yang berkeahlian bisnis dan keahlian IS/IT

c. Buatkan daftar dan lakukan konfirmasi berbagai persyaratan ISnya.

Pada lingkungan organisasi juga mempertimbangkan kebutuhan proses dan informasi bisnis dari suatu organisasi, maka perlu juga memahami dengan jelas berbagai komponen organisasi yaitu struktur saat ini, hubungan diantara unit kerja serta komposisi tenaga kerja yang ada.

Lingkungan eksternal bisnis juga sangat penting , untuk itudiperlukan formulasi strategi pemahaman lingkungan dan peluang bisnis serta kontribusinya pada pembentukan strategi bisnis dan pengembangan inisiatif strategi IS/IT

Dan ada pun cara lain yang dipakai adalah dengan:

@ permanent objectives, diamna mencerminkan suatu misi dan tujuan keseluruhan perusahaan dan tujuan jangka  panjangnya.

@ strategic objectives, dimana perusahaan yang ingin dicapai dalam jangka menengah

@ tactical objectives, dimana perusahaan dan divisi dapat dan harus dicapai dalam jangka pendek untuk membuat tujuan strategis dan permanen dapat dicapai.

(Referensi : LN_Chapter 4)

This entry was posted in Perancangan Strategi System Informasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *