Information Technology Valuation [II]

  1. 1. Pengeluaran biaya untuk IT, secara historis hanya dipandang sebagai ”biaya administratif” , kini tidak berlaku lagi tetapi harus dipandang sebagai ”investasi-bisnis”. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut menurut sdr ?

Dari pernyataan tersebut bisa dikatakan  bahwa strategi bisnis yang berbasis IT sangat penting bagi perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan pasar. strategi bisnis yang berbasis IT merupakan arahan dan ruang lingkup dari perusahaan dalam jangka panjang yang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan melalui penggunaan biaya dan sumber daya yang ada dalam lingkungan yang mendukung untuk memenuhi kebutuhan pasar dan memenuhi harapan dari para stakeholder.

  1. 2. Apa yang dimaksud dengan  pengeluaran/expenditure dalam IT adalah ”hiden” atau terselubung bagi user-department ?  Mengapa ?

Hiden cost  of IT merupakan pengeluaran yang sulit dihitung atau diukur yang tidak termasuk dalam anggaran pusat IT dan tinggkat pertumbuhannya tidak diketahui.

Biasanya biaya ini tidak dimasukan kedalam biaya pusat, sehingga  pertumbuhannya tidak dapat diketahui dan dalam berbagai proses bisnis yang berhubungan dengan biaya IT sangat sulit dilakukan karena berbagai kebijakan yang diambil sering kali agak terlambat yang disebabkan oleh factor lokasi pusat dan cabang yang cukup jauh.

  1. 3. Mengapa sulit untuk mengukur benefit dari IT ? Jelaskan ?
  • Pengeluaran IT tidak secara langsung menciptakan benefit

Jadi, pengukurannya  membutuhkan waktu dan proses yang memakan waktu lama, sehingga hasil dari keuntungannya tidak dapat langsung digunakan pada saat itu juga. Dan biasanya akan berimbas pada penggunaan IT yang tidak lagi digunakan oleh manajeman perusahaan.

  • Tingkat investasi yang sama dalam teknologi (IT), dapat membuahkan hasil yang sangat berbeda-beda

Dengan hasil yang berbeda-beda sangat menyulitkan dalam mengukur benefit IT, karena tidak adanya keserasian hasil yang akhir yang didapat.

  • Banyak benefit-benefit value-added tidak ditunjukkan dalam sistem akuntansi.

Kurangnya pemahaman akan penghitungan suatu benefit terhadap divisi terntentu menyebabkan terganggunya operational karena hanya menguasai system terntentu saja.

  • Kekurangmadainya ukuran-ukuran untuk menjelaskan value dari IT, contohnya adalah bagaimana mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari pelayanan yang diberikan perusahaan, padahal nilai itu sangat penting bagi pengembangan produk.
  • Kelangkaan kerangka kerja untuk mengukur value dari IT, pengukuran  yang sistematis dan terencana dibutuhkan untuk menjaga kinerja perusahaan dan perbaikannya.
  1. 4. manager menggunakan “decision rules dan tools” dalam sebuah DASHBORD. Jelaskan elemen-elemen yang harus disediakan dalam dashboard tersebut agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh manager ?

Tindakan yang diperlukan untuk memantau kekuatan dan kelemahan,
Mengarahkan sumber daya dan organisasi,
Bertindak sebagai panduan bagi manajemen dan membentuk inti dari perencanaan dan kontrol
Memungkinkan manajemen untuk menilai kontribusi berbagai faktor yang Mempengaruhi kinerja keseluruhan organisasi.

  1. 5. Jelaskan pendekatan yang komprehensif dalam pengukuran/measurement IT Value

?

  • Memhamai dengan jelas apa yang akan diukur – kerangka manajemen dengan aktivitas-aktivitas yang direncanakan.
  • Memilih sekumpulan ukuran-ukuran kunci (KPI) dari value-IT untuk assess aplikasi dan supply IT
  • Menerapkan program pengukuran value-IT yang efektif dalam organisasi, sebagai management-tools
  • Mengembangkan norma-norma untuk aplikasi dan supply IT, dengan

benchmarking.

This entry was posted in Information Technology Valuation. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *