Microsoft dan Yahoo Beraliansi

Microsoft Corp dan Yahoo Inc telah menandatangani rencana kerjasama dalam hal internet search menyaingi Google Inc.

Langkah kerjasama ini diumumkan Jumat (4/12) dimana syarat-syarat awal kesepakatan telah diumumkan pada akhir Juli lalu. Kontrak 10-tahun telah ditandatangani akhir Oktober lalu, namun Microsoft dan Yahoo menunda kerjasama ini karena belum ada beberapa poin yang belum disepakati.

Regulator pemerintah AS masih harus menyetujui kemitraan yang diusulkan sebelum Microsoft dan Yahoo dapat mulai bekerja bersama-sama.

Kedua perusahaan percaya mereka akan semakin maju awal tahun depan. Jika regulator memberikan izin, Microsoft berharap dapat memulai kerjasama dengan ‘mesin pencari’ Yahoo di Amerika Serikat pada pertengahan tahun depan.

Microsoft dan Yahoo berpartner bersama setelah melewati masa penjajakan panjang. Bulan Mei 2008, Microsoft sudah siap untuk membeli Yahoo
secara keseluruhan sebesar $ 47.5 milyar, atau $ 33 per saham. Yahoo saham ditutup Jumat (4/12) pada $ 15,19, naik 8 sen.

Microsoft, berbasis di Redmond, Washington, kembali ke meja perundingan karena menganggap Yahoo menawarkan kesempatan terbaik
untuk melemahkan dominasi Google Internet search.

Mesin pencari yahoo (yahoo internet search) adalah yang kedua paling populer sementara Microsoft peringkat ketiga.

Bahkan jika mereka diizinkan untuk menggabungkan kekuatan, Microsoft dan Yahoo masih akan memproses setengah karena banyak permintaan pencarian seperti Google melakukan.

Yahoo, yang berbasis di Sunnyvale, California, berharap dapat meningkatkan keuntungan dan menaikkan harga saham dengan mengandalkan pada Microsoft untuk menangani sebagian besar dari teknologi pencarian (search). Kemitraan akan memberikan Yahoo 88 persen dari pendapatan yang dihasilkan dari iklan, di samping hasil ‘pencarian’ di situs Web-nya sementara perusahaan memungkinkan untuk
mengurangi pengeluaran uang untuk teknolognya.(AP/OL-01)

Bentuk kerjasama yang dilakukan Microsoft Corp dan Yahoo Inc  dalam persaingan diera globalisasi. Bentuk kerjasama ini tentu akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, dan tentunya ke dua perusahaan teersebut akan melakukan transfer knowledge untuk menjadikan perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Proses transfer knowledge ada 5 type diantaranya:

Bentuk kerjasama yang dilakukan Microsoft Corp dan Yahoo Inc  dalam persaingan diera globalisasi. Bentuk kerjasama ini tentu akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, dan tentunya ke dua perusahaan teersebut akan melakukan transfer knowledge untuk menjadikan perusahaan tersebut menjadi lebih baik. Proses transfer knowledge ada 5 type diantaranya:

Serial knowledge

Knowledge atau cara yang didapatkan suatu team dalam mengerjakan tugas tertentu dalamkondisi tertentu di tranfer atau digunakan pada waktu lain dalam mengerjakan tugas yang sama dalam kondisi berbeda.

Near transfer

Suatu eksplisit knowledge (dokumentasi) yang dihasilkan oleh suatu team dari proseskegiatan dan pembelajaran untuk aktifitas yang sering dan berulang di kerjakan yang kemudian digunakan oleh team lain dalam mengerjakan aktifitas pekerjaan yang sama.

Far transfer

Suatu tacit knowledge yang didapatkan suatu team dari pengerjaan suatu pekerjaan yang tidak rutin diatur dalam sistem untuk dimungkinkan untuk digunakan oleh team lain yang mengerjakan pekerjaan serupa di bagian lain organisasi.

Strategic transfer

Serangkaian pengetahuan yang kolektif dari organisasi saling berbagi untuk digunakandalam menyelesaikan suatu pekerjaan strategic yang memang diperlukan dalam porsi waktu yang jarang tetapi sangat penting secara kritis bagi kelangsungan organisasi.

Expert transfer

Suatu team yang mendapatkan permasalahan atau pertanyaan tehnikal yang diluar batasanatau kemampuan team tersebut biasanya mencari para pakar atau ahli di aspek tersebut di dalam organisasi untuk membantu. Proses transfer knowledge diatas akan menjadikan perusahaan menjadi lebih baik.

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/12/05/109809/43/7/Microsoft-dan-Yahoo-Beraliansi

This entry was posted in Case of Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *