Information and Business Process [Tugas Personal 1]

1. Dilihat dari fungsi akuntansi dan perkembangan teknologi, apa dampaknya bagi akuntan?

Perkembangan teknologi informasi, terutama pada era informasi berdampak sangat signifikan terhadap sistem informasi akuntansi (SIA) dalam suatu perusahaan. Dampak yang dirasakan secara nyata adalah pemrosesan data yang mengalami perubahan dari sistem manual ke sistem komputer. Di samping itu, pengendalian intern dalam SIA serta peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan juga akan terpengaruh.

Perkembangan akuntansi yang menyangkut SIA berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan akan mempengaruhi praktik pengauditan. Perubahan proses akuntansi akan mempengaruhi proses audit karena audit merupakan suatu bidang praktik yang menggunakan laporan keuangan (produk akuntansi) sebagai objeknya. Kemajuan TI juga mempengaruhi perkembangan proses audit. Kemajuan software audit memfasilitasi pendekatan audit berbasis komputer.

Akuntan merupakan profesi yang aktivitasnya banyak berhubungan dengan TI. Perkembangan SIA dan proses audit sebagai akibat dari adanya kemajuan TI dan perkembangan akuntansi akan memunculkan peluang bagi akuntan. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh akuntan yang mempunyai pengetahuan memadai tentang SIA dan audit berbasis komputer. Sebaliknya, akuntan yang tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang SIA dan audit berbasis komputer akan tergusur posisinya karena tidak mampu memberikan jasa yang diperlukan oleh klien.

2. Jelaskan tentang Sistem informasi akuntansi! Apa yang membedakan sistem informasi akuntansi dengan sistem informasi lainnya?

Sistem informasi akuntansi adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. sistem informasi akuntansi merupakan suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern. sistem informasi akuntansi merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.

Dan yang membedakan sistem informasi akutansi dengan sistem informasi lainnya adalah

SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan  mengkomunikasikan informasi keuangan sedang.

SIA terdiri dari 3 subsistem:

  • Sistem pemrosesan transaksi

mendukung proses operasi bisnis harian.

  • Sistem buku besar/ pelaporan keuangan

menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.

  • Sistem pelaporan manajemen

yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.

SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi.  SIM memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa.

3. Apa peran akuntan dalam pemecahan masalah bisnis dan bagaimana teknologi informasi bisa memperbesar peran akuntan.

Peran akuntan dalam pemecahan masalah bisnis ialah sebagai penyedia informasi untuk pengambilan keputusan serta pelaporan hasil dan pengarahan. Data-data yang diolah oleh akuntan  akan dibaca oleh manajer-manajer dalam laporan dan analisis akan tergantung pada bagaimana SIA dijalankan . Sistem akuntansi yang dijalankan oleh para akuntan yang baik akan menunjang perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuannya dan membantu memberi jawaban atas persoalan yang terjadi.

Dan Teknologi Informasi sangat berperan besar bagi akuntan karena dengan adanya kemajuan Teknologi Informasi sangat mempengaruhi perkembangan SIA dalam hal pemrosesan data, pengendalian intern, dan peningkatan jumlah dan kualitas informasi dalam pelaporan keuangan. Dengan adanya kemajuan yang telah dicapai dalam bidang akuntansi yang menyangkut SIA berbasis komputer dalam menghasilkan laporan keuangan maka para akuntan akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya.

Teknologi informasi juga memberikan peluang baru bagi profesi akuntan. Peluang baru sangat menjanjikan bagi para akuntan dalam era komputerisasi saat ini dan di masa depan, peluang baru tersebut diantaranya adalah Konsultan Sistem Informasi Berbasis Komputer, Computer Information System Auditor (CISA) dan Segel Web trust.

This entry was posted in INFORMASI & PROSES BISNIS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *