Knowledge Management [Tugas Personal 6]

1. Dari setiap stakeholder yang terkait dengan perusahaan, berikan paparan anda knowledge apa saja yang bisa kita integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan (lebih baik dalam bentuk contoh).

Jawab.

a. Product knowledge.

adalah knowledge yang mengembangkan suatu produk yang terdapat di suatu perusahaan. Baik yang sedang di proses maupun produk yang akan dikeluarkan.

Knowledge ini mencakup penelitian, pengembangan, serta pengoprasian knowledge itu sendiri. Knowledge ini juga merupakan pembentuk program sampai proses release sebuah produk. Contohnya adalah membuat produk-produk baru dengan kualitas yang lebih baik, dan mempunyai daya saing yang tinggi.

b. Customer knowledge.

Adalah knowledge yang berhubungan  dengan costomer. Knowledge ini menitikberatkan kepada apa yang menjadi kebutuhan costumer, referensi serta lifestyle dari para costomer. Sehingga perusahaan bisa mengetahui produk apa yang dibuat dan diasarkan. Contohnya pendekatan ke customer tentang apa yang butuhkan costomer seperti cara yang dilakukan oleh FedEx.

c. Managerial knowledge.

Adalah knowledge yang mengacu pada knowledge yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam memimpin suatu unit bisnis didalam persahaan. mangerial perusahaan mempunyai peran aktif dalam mengembangkan KM di perusahaannya. Contohnya mempunyai kebijakan dalam mengambil keputusan untuk kemajuan perusahaan.

2 Berikan paparan dalam menyusun team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM. Jelaskan fungsi dan peran dari pemilihan anggota team dan dasarnya

Jawab.

penyusunan team dalam membangun sebuah KM harus dilihat dari berbagai aspek disetiap masing-masing individu. baik dari latar belakang pendidikan, keahlian yang dimilikinya, dan pengalaman.serta mempunyai kemampuan dalam  menganalisa suatu permasalahan yang ada. Khususnya permasalahan dalam membangun  KM disuatu perusahaan.

3. Berikan usulan anda yang jelas untuk membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia. Usulan bisa dalam kontek masyarakat, pendidikan, organisasi atau perusahaan.

Jawab

membiasakan diri untuk bersikap lebih terbuka dalam shere knowledge dengan budaya komunikasi yang baik disetiap struktur perusahaan, melakukan pertemuan rutin untuk membahas kemajuan perusahaan dimana setiap keyworker dapat lebih terbuka dalam memberikan ide maupun gagasan yang dimilikinya.karena akan berguna bagi perusahaaan itu sendiri.serta memberikan reward dengan tujuan agar memotivasi setiap keyworker dalam mengembangkan knowledge  diperusahaannya.

4.  Berikan paparan perbedaan dan hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard. Sertakan dengan contoh !!

Jawab.

Pengukuran dalam Balanced Scorecard dibagi kedalam empat perspektif : Pelanggan, Bisnis Internal, Inovasi dan Pembelajaran, dan perspektif Keuangan

a. perspekrif keuangan

keuangan masih menjadi salah satu ukuran manajemen yang sangat penting dalam melihat kinerja perusahaan.Karena ukuran dalam kinerja keuangan memberikan petunjuk apakah strategi perusahaan, implementasi, dan pelaksanaannya memberikan kontribusi atau tidak kepada peningkatan laba perusahaan. Dan hal ini sangat menentukan keberlangsungan dari perusahaan itu sendiri.

b. Perspektif pelanggan

Pelanggan merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Dan setiap perusahaan harus bisa meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan baik dilihat dari segi waktu, kualitas, pelayanan, dan biaya. Sehingga pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Kerja keras unit perusahaan akan diuji, karena harus bersaing dengan unit perusahaan lain dalam menarik pelanggan untuk menggunakan produk dari masing-masing perusahaan.

c. Proses Bisnis Internal

berbagai proses internal yang akan berdampak besar kepada kepuasan pelanggan dan pencapaian tujuan finansial perusahaan. Proses ini diharapkan agar layanan pelanggan dapat terpenuhi melalui perbaikan proses di internal organisasi tersebut. Dan proses ini bisa mengevaluasi sampai sejauh mana tingkat keahlian dan produktifitas dari masing-masing karyawan, serta kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut,

d. Inovasi dan Pembelajaran

Dalam perkembangan zaman yang sudah semakin maju, setiap perusahaan harus bisa beradaptasi dan mengikuti perkembangannya. Dan pembelajaran itu perlu agar perusahaan dapat bertahan didalam menjalankan usahanya, terutama dalam bidang teknologi. Pertumbuhan dan perkembangan diperlukan agar perusahaan dapat  bersaing dengan perusahaan  lainnya.

5. Apa saja isi dari sebuah KM yang menurut anda diperlukan oleh perusahaan di Indonesia, berikan alasannya.

Jawab.

a. Transfer Knowledge , untuk mengahsilkan SDM yang berkualitas dan dapat bersaing sehingga akan mempengaruhi  perkembangan pembangunan perusahaaan di Indonesia.

b. Shere Knowledge, kurangnya shere knowledge perusahaan di Indonesia tentu akan berdampak tidak baik bagi perkembangan pembangunan  Knowledge di Indonesia. Oleh karena itu, di setiap perusahaan harus menerapkan  shere knowledge baik dari divisi atas maupun dari divisi bawah, agar terciptanya pengembangan operasional perusahaan dan meningkatkan percepatan pembangunan perusahaan ke yang lebih maju dan  memiliki daya saing yang tinggi.

c. Menerapkan core proses of Knowledge Management,  perusahaan di Indonesia perlu menerapkan core proses KM agar perusahaan bisa mencapai target yang diinginkannya.  Dan meningkatkan proses serta memastikan Knowledge menjadi sesuatu yang hidup di perusahaan

d. Technology, teknologi dalam membangun KM perusahaan-perusahaan di Indonesia memang tidak begitu menonjol  jika dibandingkan dengan Negara-negara maju. Hal ini di kerenakan banyaknya perusahaan di Indonesia yang  terbentur dengan masalah biaya. Padahal peranan teknologi merupakan factor pendukung dalam penyebaran knowledge yang dimiliki oleh perusahaan.

This entry was posted in Knowledge Management. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *