KONSEP E-BUSINESS [Tugas Personal 7]

  1. 1. Sebutkan karakteristik agar penyelenggaraan e-tailing dapat berhasil

a. B2C.

b. Dijalankan dengan format digital atau online.

c. Mengupayakan good will untuk menarik konsumen.

d. Memberikan garansi pelayanan.

e. Menyediakan barang atau jasa dengan harga yang relatif murah atau terjangkau.

f. Menyediakan pembayaran secara kredit.

g. Menjual barang dengan spesifikasi standart.

h. Memahami masalah pengepakan.

  1. 2. Jelaskan perbedaan antara lima model yang diklasifikasikan menurut penggungaan saluran penyebarannya.

1. Mail-order retailer that go online

Secaramudah menambah saluran distribusi dengan internet. Beberapa dari pengecer biasanya juga beroprasi secara fisik, tetapi mereka biasanya saluran distribusinya secara direct marketing .

2. Direct marketing from manufacturers

Kebanyakan dari manufaktur ini adalah click and mortar, dan juga menjual di dalam toko fisiknya atau melalui retailer .

3. Pure-play e-tailers

E-tailer ini tidak memiliki toko secara fisik, hanya mempunyai penjualan online, seperti  amazon.com

4. Click-and-mortal retailer.

Sebenarnya, click and mortar dirujuk untuk bisnis traditional yang mengembangkan website untuk mendukung aktifitas bisnisnya.

5. Internet (online) malls

This mall melibatkan banyak jumlah dari toko mandirinya. Model B2C dan Toko Spesial

  1. 3. Jawaban kasus  Wal_Mart Power Online

a. persamaan Wal Mart dan Amazone  adalah sama-sama perusahaan retail yang menerapkan teknologi informasi untuk kegiatan bisnisnya, yaitu dengan menjual produk  melalui media internet sehingga mampu menjadi perusahaan retail dengan harga murah, layanan yang unggul serta memiliki pilihan produk yang luas. Serta menjadi perusahaan berpendapatan triliunan dolar di dunia.

b. keunggulan dari Wal Mart

Unggul dalam harganya yang rendah, pilihan produk yang sangat luas, layanan yang baik logistik yang menjaga harga tetap murah dan menjaga ketersediaan barang dan memiliki teknologi informasi yang maju.

Wal Mart mengaplikasikan sistim informasi pada pergudangan, komputerisasi manufaktur, titik penjualan dan pemrosesan pesanan online, serta manajemen hubungan pelanggan dan pemasok. Selain itu  Wal Mart memiliki sumber daya keuangan, sumber daya fisik, struktur organisasi dan teknologi, sumber daya manusia, kemampuan berinovasi yang handal serta reputasi yang baik.

Wal-Mart memiliki inovasi dalam memadukan layanan belanja berdiskon, pusat optik, studio lukis, pemotretan, telepon seluler, salon, penyewaan video film, dan gerai makanan ringan.

Selain itu, Wal-Mart juga mendominasi pasar retail hingga ke pasar global. menggunakan perangkat lunak khusus untuk operasi intern perusahaan, sehingga memberikan biaya produk dan layanan menjadi efektif.

Wal Mart juga menerapkan RFID, yaitu pembuatan forecasting produksi dan pendistribusian barang menjadi lebih efisien[1], pemantauan keberadaan dan ketersediaan inventory menjadi lebih mudah, masalah stock opname maupun pencurian dapat diatasi, ketersediaan dan pergerakan barang selalu diperbaharui, meningkatkan promosi, menghemat dana dari biaya tenaga kerja, kerugian out of stock dan penyusutan barang, mencegah pemalsuan serta menjamin keamanan dan kelayakan produk.

Wal-Mart unggul pada teknologi komunikasi via satelit untuk distribusi dan logistiknya, sehingga biaya logistik maupun distribusi menjadi efisien. Wal-Mart menjadi pemimpin retail, karena mampu membawa kemajuan teknologi informasi.

b. keunggulan Amazon

Usaha & eksperimen yang dilakukan untuk membuat proses berbelanja lewat internet berlangsung secepat & sesederhana mungkin.

Terkadang harga produk di internet digunakan sebagai patokan harga barang-barang yang perlu dibeli konsumen. Dengan menyadari betapa lebih murahnya barang-barang yang dijual online, pelanggan mulai membudi dayakan pembelian melalui internet demi menghemat pengeluaran.

amazon.com dilengkapi dengan suatu sistem yang menyimpan data suatu produk yang pernah dibeli oleh pelanggannya dan merekomendasikan produk yang serupa serta terkait. Membuat pelanggan menikmati pelayanan eksklusif yang tidak dapat disediakan oleh toko biasa lainnya.
belanja di Amazon adalah dalam hal kenyamanan. Karena cukup duduk dengan manis di rumah, kantor bahkan warnet lalu browsing di komputer atau laptop kita untuk mencari produk yang kita inginkan di Amazon. Tinggal klik. Dan barang yang kita pesan datang sendirinya.

Di Amazon tersedia berbagai macam barang dan produk, dari peralatan rumah tangga, barang electronik, buku, majalah, dvd, software, peralatan olah raga, airsoftgun dan lain2.

Amazon memberikan berbagai macam pilihan produk dan informasi mengenai produk tersebut, sehingga kita dapat membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.

2. dengan kemajuan teknologi informasi yang dimiliki Wal Mart, serta pelayanan yang maksimal terhadap pelangan, sudah tentu Wal Mart akan mendominasi penjualan online.

Banyak hal kenapa Wal Mart akan mampu mendominasi penjualan online, diantaranya adalah Penerapan teknologi informasi pada bisnis di dalam menciptakan keunggulan kompetitif.

memberi daya saing dan kemampuan bertahan di dalam persaingan yang ketat

mengunci para customers dari para kompetitor

meningkatkan daya beli dan kemampuan menekan harga

menciptakan efisiensi, meminimalisir tindak kriminalitas serta tingkat kesalahan kerja

membina kemitraan yang saling menguntungkan dengan pesaing dan perusahaan lainmenciptakan image serta reputasi yang baik

Dan kendala yang menghambat penjualan online Wal Mart adalah

peran kompetitor yang menawarkan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan.

kurang terjalinnya kerjasama yang baik dengan pemasok, pesaing dan perusahaan lain, akan menyebabkan ketidakpastian pada bisnis dan persaingan yang tidak sehat.

pemanfaatan teknologi informasi yang tidak optimal, akan membuat pemborosan pada investasi di dalam teknologi informasi tersebut pendapatan yang rendah serta pasar yang sempit akan mempengaruhi daya beli dan kemampuan menekan harga menjadi rendah pada perusahaan menjadi buruk

perusahaan tidak berorientasi pada pelanggan, akan menimbulkan kekecewaan pada pelanggan. Sehingga pelanggan beralih ke pesaing.

3, menu bantuan pada walmart terdiri dari beberapa fitur bantuan, diantaranya new costomer, ordering, produk & merchandise, security & privacy, shipping & returns, walmart service, account pelanggan yang semua itu dapat membantu pelanggan untuk mengetahui bagaimana caranya melakukan transaksi dengan walmart.

Menu bantuan pada Amazone lebih lengkap jika dibandingkan dengan walmart, adapun fitur bantuan yang terdapat pada amazone antara lain adalah shipping & delivery, returns & refunds, account pelanggan, digital product , privacy security & accessibility, ordering from amazone.com dan lain-lain. Kelengkapan menu bantuan yang terdapat pada Amazone sangat memudahkan pelanggan yang kesulitan untuk melakukan transaksi dengan Amazone.com

4. servies yang harus disediakan oleh Wal Mart Walmart harus membuat belanja online sangat nyaman. Dan ketersediaan produk yang dijual harus lengkap serta banyaknya berbagai macam pilihan produk bagi pelanggan.

5. penjualan musik di Walmart hanya terdapat tiga pilihan, MP3 download, Music CDs dan Soundchek. Produk yang ditawarkan sangat banyak dan selalu up to date dengan musik-musik baru.

Adapun terhadap apple itunes, karena memang dirancang khusus untuk dunia musik maka tampilan fitur-fiturnya jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan WalMart.

7. Pada Wal Mart, tampilan Webnya sangat bagus dan simpel. Fitur-fitur yang tersedia sangat membantu sekali dalam mencari informasi tentang apa yang akan dicar oleh pelanggan. Dengan berbagai kelengkapan produk yang dipasarkan, sehingga pelanggan tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi di WalMart.

Pada target mark and spencer, tampilan webnya sangat sederhana, terlalu banyak teks. Dan fitur-fiturnya tidak terlalu lengkap. Dan produk yang di pasarkan tidak selengkap WalMart.

8. internasional costomer di Wal Mart merupakan komunitas pelanggan yang setia kepada Wal Mart untuk melakukan pembelian produk di Wal Mart. Namun beberapa kali terjadi insiden yang mengarah ketindakan rasisme, dimana terjadi diskriminasi terhadap komunitas minoritas pelanggan yang berkulit hitam. Yang mengusir dengan pengeras suara, untuk segera mninggalkan toko Wal Mart. Namun kejadian tersebut sudah terselesaikan dengan baik.


This entry was posted in KONSEP E-BUSINESS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *