Teknologi Infrastruktur E-Bisnis [V]

  1. 1. Access the web and use a search engine to find the latest version of the popular web browsers. What are its new characteristics? How much does it cost, if anything?


Browser Mozilla Firefox sangat popular dikalangan para pengguna internet. Hal tersebut tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki, mulai dari security sampai dengan kecepatan yang dimiliki, tentunya penyediaan yang bersifat gratis bahkan inovasi dandanan tampilan mozilla firefox juga disediakan secara gratis. Kita bisa mendapatkannya secara gratis dan tanpa pendaftaran apapun, sesuai dengan karakter browser ini yang disediakan secara gratis bagi para penggunanya.

Berbagai macam tampilan untuk dandanan browser anda, mulai dari abstrak, sport, natural, trendi dan sebagainya. Terdapat juga dandanan yang disenangi oleh anak-anak berupa binatang yang lucu dan sebagainya.

Web browser memiliki fungsi sebagai:

Mendapatkan informasi yang diminta penggunberinteraksi dengan server

Menampilkan dokumen dengan format digital atau elektronik

Menyimpan dan mengunduh dokumen ( upload/download)

Komunikasi ( e-mail, chatting, mesengger, facebook dll)

Newsgroups dan milis

Berbelanja secara elektronik dantransaksi elektronik lainnya seperti e-commerse

Sarana hiburan ( games, musik dan video)

Belajar online.

2. List some application servers. Access the web and find the latest version of the application servers mentioned in the text. When were they released? Can you make any conclusion about the release cycle of Internet software in comparison to other business software (e.g. spreadsheet, word processor, accounting packages)?


Beberapa Aplikasi Server :

Glassfish adalah sebuah server aplikasi (application server) Java EE Open Source yang menggabungkan sejumlah teknologi Java lainnya termasuk JavaServer Pages (JSP), JavaServer Faces (JSF) dan Enterprise JavaBeans. Proyek Glassfish dimulai pada tahun 2005 dan sejak versi 2.0 Glassfish menerapkan teknologi cluster didukung kemampuan pengelolaan terpusat. Versi 3 saat ini sedang dikembangkan dan tersedia utnuk diuji coba.

Aplikasi Oracle E-Business Suite Special Edition, sebuah paket aplikasi bisnis yang lengkap dan pre-configured yang memungkinkan pengelolaan seluruh fungsi bisnis inti secara efisien, seperti interaksi pelanggan, pengelolaan finansial, sumber daya manusia dan pengelolaan rantai pasokan. Arsitektur terbuka Oracle memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan aplikasi sebagai modul individual, alur bisnis atau paket terintegrasi.

perbandingin perkembangan application server dengan spreadsheet, word processor/accounting packages.

Spreadsheet, adalah perangkat lunak yang menyediakan fungsi-fungsi dasar dalam pengaturan data menjadi bentuk kolom dan baris yang memperbolehkan si pengguna untuk melakukan analisa secara numerik.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel.

Word Processor, adalah katagori perangkat lunak yang mencakup fungsi lengkap dari suatu perangkat lunak pengolah kata dengan fungsi dasar yang memperbolehkan si pengguna untuk membuat dokumentasi berupa teks.  Yang termasuk dalam katagori ini seperti Novell’s WordPerfect for Windows dan Microsoft’s Word for Windows.

Accounting, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat laporan keuangan/assets dari suatu organisasi.  Yang termasuk didalamnya ialah general ledger, account payable/receiveable, payroll, dan business tax preparation packages.  Contohnya: CA’ Simply Accounting, Great Plains’ Accounting Series, Intuit’s Quickbooks, dan Peachtree’s Accounting.

3. List some commercial database management systems. What are the current characteristics of these products?


DBMS adalah sistem penyimpanan dan pengambilan data yang mengijinkan beberapa aplikasi untuk mengakses data tersebut dalam sebuah sistem terpadu sehingga tidak terjadi data redundancy dan integritas data dapat dipertahankan.

Gambar DBMS

Contoh dari DBMS yaitu :

Oracle, SQL Server, Informix, DB2 dll.

Karakteristik Database dalam Database Management System (DBMS) Database memiliki tiga karakteristik utama, yaitu:

• Data yang sama dapat diakses secara serempak oleh beberapa pengguna untuk berbagai kegunaan yang berbeda.

• Data tidak bergantung kepada struktur penyimpanan atau cara membaca data dari program aplikasi, atau data bersifat transparan terhadap program aplikasi.

• Data memiliki integritas (yaitu akurasi dan validasi) yang terkendali.

Empat hal penting dalam DBMS

a. Query language

b. Security consideration

c. Biaya tidak langsung pemrosesan

d. Kecocokan dengan tipa aplikasi

Elemen-elemen utama dari DBMS ;

· Data description language processor

· Performance statistics processor

· Modul backup/recovery

· Manajer database

Keuntungan DBMS

· Mengurangi pengulangan data

· Mencapai independesi data

· Mengintegrasikan data beberapa file

· Mengambil data dan informasi secara cepat

· Meningkatkan keamanan

· Meningkatkan presentasi kesiapan data (data availability) yang berarti tersedia pada waktu dibutuhkan.

· Mempercepat penyimpanan dan pengambilan data.

· Mempercepat dan mempermudah pemrosesan data

· Mengurangi penyimpanan data yang rangkap.

· Mempermudah pemrograman karena lebih fleksibel.

Kerugian DBMS

· Kurangnya ahli Data Base

· Biaya pemrosesan data sangat tinggi

· Kebutuhan software dan Hardware yang bertambah

· Penggabungan dan pengamanan data

Mangikat pemakai untuk

· Memperoleh perangkat lunak yang mahal

· Memperoleh konfigurasi perangkat keras yang besar

· Mempekerjakan dan mempertahankan staf DBA

Beberapa fungsi yang disediakan oleh DBMS ini antara lain:

• Mengatur dan mengontrol data dalam jumlah yang besar.

• Melakukan backup, recovery, dan logging terhadap database.

• Menyederhanakan dan memperluas database security.

• Melakukan pemeriksaan terhadap integritas data.

4. Go to the website of IBM, Oracle, Informix and Sybase. Is there any mention of e-commerce associated with their database products? What suite or partnership do they list with related e-commerce offerings? (note: Informix now part of IBM)


www.ibm.com

IBM mengumumkan versi terbaru dari Net Commerce untuk AS/400, yang lebih memudahkan pelanggan berskala kecil dan menengah untuk membangun, menjalankan dan mengelola toko elektronisnya di server yang andal dan berpengaman (secure).

IBM Net Commerce untuk AS/400 Versi 3 mendukung lingkungan e-commerce dari bisnis-ke-bisnis dan dari bisnis-ke-konsumen. Net Commerce menyediakan solusi total, dari pembuatan katalog dan situs sampai ke pemrosesan pembayaran dan pemenuhan pesanan (order fulfillment).

Kemampuan ini memungkinkan pelanggan mengintegrasikan toko-toko on-line mereka dengan seluruh operasi bisnis mereka, sekaligus menambahkan kapabilitas E-mail, kelompok diskusi dan bulletin board ke situs tersebut.

Produk-produk ecommerce pada ibm antara lain :

Software

Storage

Servers & systems

Internet security

Personal computers

Point of sale

Printing systems from InfoPrint

Semiconductors

Upgrades, accessories & parts

Certified used systems & storage

Communities

Small business products

Medium business products.

www.oracle.com

Oracle (NASDAQ: ORCL) adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995. Oracle juga menjual produk-produknya dengan e-commerce, hal ini untuk mempermudah pelanggan untuk membeli dari produk oracle.

Produk-produk ecommerce pada Oracle antara lain :

Oracle Database

Oracle Fusion Middleware

Oracle Applications

Server and Storage Systems

Development Tools

Oracle On Demand

Oracle CRM On Demand

Product A-Z List

www.sybase.com

Sybase IQ atau disebut Sybase Adaptive Server IQ, merupakan sebuah software sistem relational database untuk penyimpanan data (data warehousing). Sebagai DBMS yang berorientasi pada kolom, Sybase IQ menyimpan data tabel sebagai bagian kolom2 data daripada barisan data. Sybase.com juga memasarkan produknya dengan menggunakan e-commerce.

Produk-produk ecommerce pada Sybase antara lain:

Database Management

Analytics & Business Intelligence

Mobile Enterprise

Mobile Messaging

Mobile Commerce

Modeling & Development

5. List the main Web servers. What types of companies are offering the leading servers? Distinguish between open source and proprietary products. Who is providing support for the products? How much do they cost? Do you think the Web server purchase price is a significant factor in budget considerations for a large e-commerce initiative?


www.jmm.com

Jupiter Media Metrix adalah perusahaan yang memberika pelayanan pada analisis dan pengukuran dampak akhir dari internet dan teknologi baru pada E-Commerce dan pemasaran. Didudukung dengan data yang sesuai, analisis industri yang spesifik, wawasan persaingan dan saran strategis. Pada web ini dapat dilihat E-Commerce dari Jupiter Media Metrix. Fasilitas yang diberikan antara lain, pelayanan riset, internet.com / earthweb.com, peristiwa-peristiwa, berita dan informasi perusahaan. Pelayanan riset meliputi riset analis Amerika serikat, riset analis Eropa, riset industri vertikal, riset adat, penyerahan hasil riset, penasehat program.

www.arfsite.org

ARF mempromosikan pemasaran konsumen dan bisnis, riset media dan periklanan dengan kualitas tertinggi, mengembangkan basis pengetahuan, menyediakan peluang-peluang untuk semua segmen industri dan mengkomunikasikan dan mempromosikan penelitian dan pengetahuan ini lewat publikasi, konferensi, seminar, pusat informasi dan leawat yang lainnya.   Perusahan ini didirikan pada tahun 1938 dan merupakan perusahaan nonprofit. Advertising Research Foundation (ARF) bergerak dalam bidang periklanan, pemasaran dan riset media. Lebih dari 400 pengiklan, agen periklanan, perusahaan riset, perusahaan media, institusi pendidikan dan anggota asosiasi ARF. Pada web ini E-Commerce dari Advertising Research Foundation. Fasilitas yang diberikan oleh E-Commercenya, antara lain Penghargaan ARF yang dikenal dengan “ARF David Ogilvy Researchh Award”,  Konferensi dan Workshop, Kegiatan Pengurus ARF, Keanggotaan dan Publikasi ARF. Kegiatan Pengurus ARF meliputi pengembangan dan evaluasi kreativitas, pengukuran media digital, kinerja pemasaran, akuntabilitas media, metode dan teknik media, peiklanan luar ruang, mencetak hasil penelitian, riset kualitatif, riset radio, metode dan praktek kualitas riset, media elektronik video, yellow pages dan riset pemuda.

www.msn.com

MSN menarik lebih dari 270 juta pengunjung seluruh dunia setiap bulan. Menyediakan 34 pasar dan 18 bahasa. MSN merupakan pemimpin dunia dalam penyerahan pelayanan web kepada pelanggan dan solusi pemasaran digital untuk bisnis global. MSN membawa pelanggan kepada yang mereka butuhkan dari web untuk membuat sebagian besar waktu mereka online. Fsilitas yang diberikan oleh E-Commerce MSN antara lain, MyMSN, Hotmail, Search, Shopping, Money dan Chating. Pada web ini ditunjukkan E-Commerce dari MSN.

Open source merupakan suatu konsep yang sangat tepat untuk membentuk infrastruktur teknologi eCommerce. Bukan saja karena factor harga dan teknologi, tetapi juga dari keamanan. Bukan saja sistem yang aman, tetapi kemungkinan memanfaatkan sesuatu teknologi tidak dibatasi oleh Negara lain.

Untuk masalah harga. Sebaiknya harus lebih Selektif dalam memilih web Hosting. Karena  mengingat begitu banyaknya perusahaan Web Hosting yang berlomba memberikan harga murah dan fasilitas yang lengkap, namun faktanya mereka memiliki kekurangan yang bisa disembunyikan. Dan Jangan sampai mengeluarkan uang dengan sia-sia namun tidak mendapatkan jumlah yang tidak selayaknya.

6. Access the web and find the current rate for website hosting. What are the criteria used by the ISP for pricing?

Jawab.

Beberapa kriteria penentuan harga web hosting adalah :

Advertising dalam web

Affiliasi

Traffic

Backlink

Pagerank

Hits

Selain itu beberapa pertimbangan lain adalah :

» Registrasi Nama Domain.  Pendaftaran untuk nama domain website anda seperti:  .com, .net, .org, .biz, .info dll.

» Unlimited Web Hosting. Tidak ada batasan untuk Kapasitas penyimpanan data web, Traffic, Email POP3, Webmail.

» Unlimited Web Pages. Tanpa adanya batasan untuk jumlah Halaman Website yang bisa ditambahkan oleh pemilik website.

» Design Halaman web. Mencakup : Company Profile, Jenis Product dan Layanan, Halaman Contact, Image Gallery, Formulir, Instalasi Addon pilihan, dll.

» Setup Sitemap Membuat index link untuk seluruh halaman web guna mendapatkan listing index web di mesin pencarian lebih baik (optional)

» Submit website. Mendaftarkan website anda ke Search Engine terkemuka seperti Yahoo, Google, MSN, Hotmail (optional)

» Setup Site Analytic. Tool lengkap untuk visitor tracking (optional)

» Hak Akses penuh. Hak Admin untuk Administrator, dan Pengelolaan Server Hosting kepada pemilik web.

» Full Support selama 2 Bulan, Dukungan selama 2 bulan oleh web hosting untuk Update Konten Web, Perbaikan jika ada error, dll. (Bisa di upgrade ke 12 bulan penuh)

» 24/7  Client Support. Dukungan pada klien selama 12 bulan yang dilakukan melalui Client Area Web hosting.

» Panduan Dasar Pemakaian Website. Tutorial secara langsung (optional) dan secara online untuk dapat mengoperasikan sendiri cms web yang dibuat.

This entry was posted in Teknologi Infrastruktur E-Bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *