Enterprise System [III]

supply chain terkait dengan kegiatan procurement

1. Demand determination

Pada rantai ini adalah proses penentuan fungsi permintaan sebagaiĀ  alat pendukung keputusan. Sehingga untukĀ  merencanakan dan jadwal kegiatan bisnis berdasarkan permintaan yang ada untuk costomer, dimana permintaan untuk satu jenis event dihitung dengan menggunakan data yang sudah ada di dalam sistem. Kemudain Sistem mengusulkan sejumlah kegiatan harus direncanakan dan dijadwalkan berdsarkan data, membuat perencanaan lebih efisien.

2. Source determination

Perencanaan permintaan dan prediksi, mengkoordinasikan prediksi permintaan dari semua konsumen dan membagi prediksi dengan semua pemasok Ini merupakanĀ  proses pencarian barang yang di pesan oleh costomer,data permintaan dari costomer akan dianalisis tentang ketersediaan item barang yang akan dipesan.

3. Supplier selection

Supplier selection akan memeriksa barang- barang apa saja yang tersedia, dan berusaha meningkatkan penjualan dengan meminimalkan out-of-stocks.

4.Purchase oprder processing

Pada rantai ini proses pemesanan barang dilakukan dengan memasukan data-data barang yang sudah siap dipesan dan telah tersedia,setelah itu data akan dip roses dan akan dijadikan dokumen untuk pemeriksaan lebih lanjut.

5. Order monitoring

Order monitoring akan memeriksa setiap kelengkapan isi dokumen PO, dengan melakukan pemeriksaan mengenai barang-barang apa saja yang dipesan sudah sesuai dengan data dan barang yang telah diproses.

6. Good Recipt

Good recipt merupakan proses pemereiksaan, penanganan dan pengepakan setiap barang yang akan di kirim ke costomer, proses pengepakan barang harus dilakukan dengan hati-hati dan nantinya barang yang akan dikirim harus sesuai dengan jumlah dan data pesanan. Dan memastikan seluruh item barang berada pada tempat dan waktu yang tepat agar dapat memberikan keuntungan yang terbaik dan service kepada customer.

7. Invoice verifikasi

Pada rantai ini sebelum barang terkirim ke costomer, akan dilakukan pemeriksaan berkas/laporan yang akan dkirim mengenai jenis, jumlah dan harga barang. Agar costomer dapat memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam proses pemesanan hingga transaksi berlangsung.

8. Payment processing

Proses pembayaran dapat dilakukan berbagai cara, biasanya dapat dilakukan melalui tunai atau degan menggunakan kartu kredit. Tentu dengan costomer telah melakukan pemeriksaan akan barang yang telah dipesannya.

This entry was posted in Enterprise System. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *