Teknologi Infrastruktur E-Bisnis [ Tugas Personal I]

  1. What type of business model has eBay adopted? Compare and contrast it to the model adopted by Amazon.com?

Jawab.

e-bay menggunakan B2C model bisnis many to many (Pangsa pasar pelelangan digunakan oleh banyak pembeli dan penjual yang bisa menciptakan berbagai pelelangan pembeli’ atau penjual’ sehingga harganya optimal dinamis). eBay adalah perusahaan Internet Amerika yang  mengelola eBay.com sebuah situs lelang online dan situs belanja di mana orang dan bisnis membeli dan menjual berbagai barang dan jasa yang luas di seluruh dunia. Sebagian besar penjualan terjadi melalui format lelang set-time, tetapi metode berikutnya termasuk segmen besar daftar di kategori “Buy it Now”.

Sedangkan amazone.com juga menggunakan B2C model bisnis many to many, dimana penujualannya merupakan retail buku dan berbagai jenis barang.

  1. Why do consumers flock to eBay’s site? What kind of consumer value does the site offer?

Jawab

Karena penawaran pada gaya lelang eBay disebut penawaran proxy dan pada dasarnya adalah setara dengan sebuah lelang Vickrey

sebagian konsumen lebih menyukai mendapatkan barang yang diinginkannya secara langsung. Hingga mereka tidak harus menunggu batas waktu aution berakhir. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan seperti ini, eBay menyediakan apa yang disebut dengan Buy It Now, atau disingkat BIN. Atau bisa juga dengan cara mengunjungi eBay Store.

Selain Buy It Now dan eBay Store, eBay juga menyediakan sistem yang disebut dengan eBay Express. Sistem ini dibuat dengan meniru sistem belanja tradisional. Dengan eBay express ini, kita bisa membeli beberapa barang sekaligus dari beberapa pedagang, dalam satu kali transaksi.

  1. How does b2b e-commerce differ from b2c e-commerce? What are the prospects of b2b e-commerce?

Jawab

B2B adalah pemasaran produk berupa barang/jasa atau transaksi-transaksi elektornik antara bisnis.

B2C adalah pemasaran produk berupa barang/jasa atau transaksi-transaksi elektronik dari bisnis ke Customer.

Perbedaan B2B dan B2C

Dari Jenis Produk :

B2B : Lebih Customized

B2C : Produk standard

Dari segi pemasaran :

B2B : Lebih terintegrasi, tidak hanya divisi penjualan saja melainkan melibatkan divisi-divisi lainnya, termasuk R and D.

B2C : Penjualan/pemasaran produk dan jasa disentralisasi oleh unit penjualan/pemasaran.

Dari positioning company :

B2B : Lebih memperhatikan “brand image” and “coorporate image” sehingga kualitas produk lebih terjamin.

B2C : Brand image tidak begitu berpengaruh, lebih memperhatikan pada varian produk dan kualitas produk.

Dari kuantitas dan harga produk :

B2B : Kuantitas penjualan barang lebih banyak sehingga ada discount harga atau special price, dan biasanya untuk dijual kembali.

B2C : Kuantitas penjualan barang lebih sedikit dibandingkan B2B, dan biasanya untuk dipergunakan sendiri.

Prospek B2B, dalam transaksi yang terjadi, misalnya penjualan produk dan jasa, antar perusahaan (B2B eCommerce) juga meningkat sangat pesat. Transaksi B2B eCommerce diperkirakan lima kali lebih tinggi dibandingkan B2C eCommerce. Berdasarkan riset Gartner Group, Inc., pasar B2B eCommerce dunia akan tumbuh dari US$ 145 miliar pada 1999 menjadi US$ 403 miliar pada 2000, dan US$ 953 miliar pada 2001. Tahun 2002, pasar tersebut akan meningkat menjadi US$ 2,18 triliun, dan pada 2003 revenue transaksi B2B eCommerce dunia diperkirakan sebesar US$ 3,95 triliun. Tahun 2004, B2B eCommerce akan merepresentasikan sekitar 7 persen dari prediksi US$ 105 triliun transaksi penjualan total global.( http://globaltechnology1.blogspot.com/2008/06/strategic-transformation-towards.htm) sehingga dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tidak tertutup kemungkinan ditahun-tahun berikutnya B2B akan semakin meningkat.

  1. Describe some of the business models being employed in b2b e-commerce.

Jawab

Buyer-oriented (Satu pembeli dari banyak penjual)

Selller-Oriented (satu penjual kepada banyak pembeli)

Exchanges /Virtual Markets(banyak penjual kepada banyak pembeli)

Perbaikan rantai pasok dan perniagaan kolaboratif/ Collaborative Supply Chain Management (aktivitas selain dari penjualan dan pembelian antara patner busines, misalnya perbaikan rantai pasok, pengkomunikasian,pengkolaborasian dan sharing informasi untuk perancangan dan perencanaan gabungan).

  1. What is b2e? What role is portal software playing in the development of these sites?

Jawab

B2E adalah  layanan yang disediakan sebuah perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan

This entry was posted in Teknologi Infrastruktur E-Bisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *