Enterprise System [V]

Metodologi ASAP

ASAP adalah SAP perusahaan untuk memungkinkan pelaksanaan proyek SAP sederhana, satu set lengkap lebih efektif dan cepat metode pelaksanaan. ASAP mengoptimalkan kontrol dalam proses pelaksanaan waktu, kualitas dan efisien penggunaan sumber daya, dll Itu salah satu metode yang meliputi semua elemen dasar untuk menyelesaikan pelaksanaan proyek dalam keberhasilan, terutama termasuk: ASAP Road Map, SAP tas peralatan, dukungan teknis SAP dan layanan, pelatihan SAP dan model referensi SAP.

Ada beberapa metodologi dalam mengimplementasikan SAP. Metodologi adalah pendekatan terstruktur untuk menyelesaikan kerangka kerja yang besar. Salah satu kegunaan menggunakan metodologi adalah mengurangi resiko dari pemakaian pendekatan tertentu dan membentuk kerangka kerja untuk seluruh tim yang akan bekerja. Salah suatu metodologi implementasi SAP adalah ASAP (Accelerated SAP) yang dapat dipakai untuk mempercepat waktu implementasi.

Pemakaian ASAP ini tidak ditujukan untuk semua perusahaan, namun hanya perusahaan ‘vanilla’ dengan kriteria sebagai berikut:

-memiliki tingkat spesialisasi rendah

-memakai pelaporan manajemen keuangan tingkat dasar

-memiliki kemauan untuk mengadopsi SAP

-memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan pragmatic secara cepat

ASAP memiliki 6 tahap, semua tahapan ini memiliki kesamaan dengan metodologi lainnya. Inti dari kesamaan itu adalah 4 buah tahapan, yaitu: inisiasi (initiate), berpikir (think), bekerja (work), dan pengawasan (watch).

6 tahap dari metodologi ASAP adalah sebagai berikut:

-Project preparation, persiapan proyek dalam tim

-Business blueprint, garis besar seperti apa bisnis yang akan terjadi dan seperti apa sistem SAP yang akan dipakai

-Simulation, tahap mendesain dan konfigurasi sistem SAP R/3

-Validation, adalah tahap uji coba

-Final preparation dan go-live, adalah pemakaian interface dan konversi yang telah dibuat serta penyalaan sistem

-Support, adalah perawatan, mengoperasikan

Tiga komponen utama ASAP

ASAP’s Roadmap

Roadmap terdiri dari rencana proyek, deskripsi rinci tentang apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, mengapa melakukannya dan akhirnya menggarisbawahi tingkat urgensi dari setiap proses individu (Ciudad Futura). Di sini, proyek rinci manajemen dan peran individu setiap komponen usaha secara jelas diidentifikasi dan diselesaikan (Umum SAP Roadmap).

ASAP   menyediakan, jelas dan ringkas-rencana proyek berorientasi proses, langkah demi langkah panduan dalam pelaksanaan proyek SAP. Peta jalan sama sekali memiliki lima langkah, termasuk proyek persiapan, Business Blueprint, Realisasi, Final konfigurasi, Go Live & Dukungan

Lima tahapan ASAP’s Roadmap adalah (Umum SAP Roadmap):

Persiapan Proyek

Pada tahap ini, pemimpin proyek atau eksekutif kunci akan mendefinisikan tujuan proyek yang jelas dan seluruh mekanisme pengambilan keputusan. Dokumentasi memainkan peran yang sangat penting dalam tahap ini, setiap atau unpredicted tugas dan kegiatan diperkirakan akan didokumentasikan serta tugas-tugas yang belum selesai yang memerlukan perhatian lebih. Kedua masalah internal dan eksternal harus didokumentasikan juga.

Business Blueprint

Dalam lingkup ini fase implementasi SAP jelas memutuskan dan didefinisikan. Pemilihan modul bisnis atau fungsi yang perlu dilaksanakan dan semua persyaratan bisnis yang rinci dan didokumentasikan sebagai Business Blueprint. Ada berbagai alat yang dapat digunakan dalam tahap ini meliputi:

Pelaksanaan ASAP Asisten

T & Database

Proses Bisnis Master List (BPML)

SAP R / 3 MODELLER Struktur dan

Bisnis Navigator.

Aktivitas lain kritis yang dijelaskan dalam tahap implementasi Manajemen Proyek yang meliputi:

·          Melakukan pertemuan untuk tim proyek dan rapat komite

·          Umum manajemen proyek

·          Jelaskan masalah yang berkaitan manajemen bisnis berubah

Realisasi

Ini adalah tahap di mana aktual SAP R / 3 terinstal dan dikonfigurasi. konfigurasi ini terdiri dari dua langkah:

· Baseline konfigurasi

Pada langkah ini, perusahaan membutuhkan untuk secara jelas mengidentifikasi, rencana, jadwal dan memantau R / 3 konfigurasi termasuk pemantauan dan pengujian proses instalasi secara keseluruhan.

· Final konfigurasi

Pada langkah ini, manajer proyek adalah memeriksa status sistem, kelengkapan dan kesiapan sistem dengan melakukan audit kualitas yang independen baik secara internal maupun eksternal.

Persiapan Final

Tujuan dari tahap ini adalah persiapan akhir SAP R / 3 sistem sebelum pergi tinggal di daerah produksi riil. Termasuk dalam tahap ini adalah pengujian, pelatihan pengguna akhir, manajemen keseluruhan sistem dan menyelesaikan kesiapan perusahaan untuk tinggal. Semua proses pada tahap ini akan diawasi oleh manajer proyek.

Juga dalam tahap ini, R / 3 sistem akan diserahkan kepada pengguna individu yang benar-benar akan menjalankan sistem di hari-demi-hari. Para pengguna akan disiapkan dengan memberikan pelatihan yang cukup khusus desain untuk pekerjaan mereka.

Manual dan dokumentasi pengguna juga disiapkan untuk membantu end user dalam mengoperasikan sistem baru serta rencana pemulihan bencana disusun dan diimplementasikan.

Go Live & Dukungan

Ini adalah fase di mana seluruh sistem go live dalam proses produksi dan akan didukung oleh tenaga ahli SAP yang akan menganalisis kinerja sistem (EarlyWatch) dan memonitor kemajuan secara menyeluruh semua kegiatan.

ASAP’s tools

Ada berbagai alat disediakan oleh SAP untuk membantu perusahaan untuk “melaksanakan secara efektif dan efisien biaya” (Ciudad Futura). Ada beberapa paket yang tercantum di bawah ini digunakan untuk konfigurasi proses bisnis.

Proyek Pengukur: alat untuk memperkirakan sumber daya yang dibutuhkan, biaya dan jangka waktu.

Konsep Alat Periksa

ASAP’s layanan dan pelatihan

layanan SAP dan pelatihan mencakup semua pelatihan, konsultasi dan dukungan layanan yaitu EarlyWatch, upgrade remote dan cadangan.

BPR & asap interaksi

BPR dan ASAP dibangun untuk tujuan yang sama, yaitu sebagai metode untuk menerapkan sistem baru, Namun, mereka sepenuhnya didasarkan pada pendekatan yang berbeda. Sementara BPR memerlukan analisis mendalam pada sistem yang ada serta sistem baru, ASAP terutama mengabaikan sistem yang berlaku sekarang. Semua ASAP dilakukan adalah menegakkan usaha untuk menggunakan metodologi itu sendiri SAP. ASAP mengasumsikan bahwa perusahaan bekerja pada jangka waktu yang sangat ketat dan tidak ada BPR utama yang diperlukan (Ciudad Futura).

ASAP utamanya adalah untuk mencegah perusahaan dari berkembang sendiri “sementara ribuan” rekayasa ulang perusahaan lain di seluruh dunia sudah melakukan hal itu. Dengan memberikan apa yang disebut “praktek bisnis terbaik”, SAP tidak mengharapkan lebih banyak waktu dan penghabisan sumber dana selama pelaksanaan sistem dan semua dampak negatif dapat diminimalisir.

Keseimpulan mengenai metode ASAP adalah:

Metodologi Pelaksanaan ASAP digunakan sebagai model acuan implementasi SAP. Menerapkan manajemen kualitas metode proses dan metode grounded theory, shingga memperoleh suatu matriks faktor penentu keberhasilan proses versus ASAP. ASAP dikembangkan untuk menjamin sukses, pengiriman tepat waktu suatu proyek.. SAP memberikan metodologi AcceleratedSAP (ASAP) untuk manajemen proyek dan implementasi dalam suatu sistem.
Pengembangan SAP untuk mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan SAP Business Suite, ASAP arus pelaksanaannya melalui penyediaan template, metode, alat, dan akselerator yang telah dibangun di atas keberhasilan pelaksanaan SAP sebelumnya. ASAP juga dapat menggabungkan desain standar template dan akselerator meliputi setiap bidang fungsional dalam sistem, serta mendukung seluruh proses pelaksanaan.

Referensi :

http://www.relevantsoft.cn/program-1.htm (diakses tanggal 10 Juni 2010)

http://www.susanto.id.au/papers/BPEASAP.asp(diakses tanggal 10 Juni 2010)

http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=7124(diakses tanggal 11 Juni 2010)

http://knol.google.com/k/how-to-tackle-erp-implementation-issues(diakses tanggal 11 Juni 2010)

http://rogonyowosukmo.files.wordpress.com/2009/08/optimalisasi-sap.pdf(diakses tanggal 11 Juni 2010)

This entry was posted in Enterprise System. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *